facebook

Pages

Kamis, 15 November 2012

Tokoh ilmuan


SEJARAH PENEMU KOMPUTER

Charles babbage adalah penemu komputer pertama yang lahir tanggal 26 desember 1792 charles babbage adalah seorang matematikawan dari inggris yang prtama kali mengemukakan sejarah tentang komputer yang dapat di jadikan program. Semakin komputer berkembang sampai menyebar di sains london pada tahun 1991 sebuah mesin ini di kembangkan dan mesin ini berfungsi secara sempurna yang membuktikan bahwa gagasan charles tentang mesin ini memang dapat diimplementasikan, dan charles babbage meninggal pada tanggal 18 oktober 1871 pada umur 79 tahun .

Dan meninggalkan 9 anak yang bernama :

1. Benjamin herschel babbage
2. Charles whitmore babbage
3. Georgiana whitmore babbage
4. Edward stewart babbage
5. Francis moore babbage
6. Dugald bromheald babbage
7. Henry prevost babbage
8. Alexander forbes babbage
9. Timothy grant babbage

dan perhitungan masa dulu dengan mengunakan dengan tabel matematika sering mengalami kesalahan.
lalu charles pun ingin mengembangkan perhitungan secara mekanik , sehingga dapat mengurangi
 kesalahan  perhitungan yang sering di lakukan manusia, dan saat itu charles pun mendapat inspirasi perhitungan itu dari wilhelm shickard, blaise pascal, dan gottfried leibniz ..
dan gagasan pertama tentang mesin charles di tulis dalam bentuk surat yang ditulisnya kepada masyarakat astronomi kerajaan dan berjudul " NOTE ON THE APPLICATIONS OF MACHINERY TO THE COMPUTATION OF ASTRONOMICAL AND MATHEMATICAL TABLES "

dan sejarah komputer ini di awali ketika charles babbage menyelesaikan prinsip2 pemakain komputer.


mesin yang di rancang ini, yang di beri namakan " mesin analis " inti pokoknya mesin ini mampu melaksanakan apa saja yang bisa di lakukan kalkulator modern. meski tidak terlalu cepat tetapi mesin " analis " sayangnya bukan di rancang untuk bertenaga listrik .
berhubung teknologi abad -19 belumlah cukup maju .
Charles belum cukup mampu untuk merampungkan kontruksi " mesin analis " itu, selain memang tidak memerlukan waktu sedikit dan biyaya besar.

tahun 1937, tulisan babbage menjadi perhatian Howard H.aiken, sarjana tamatan harvand. Aiken yang juga sedang mencoba menyelesaikan rancangan mesin komputer .

dua tahun sesudah dioperasikan tahun (1946) . kelompok insiyur pun menyelesaikan ENIAC  mesin hitung pertama ..
dan perkembangan teknologi semakin pesat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar